Beranda / Berita / FMIPA UNSYIAH Raih Juara II Science Project OSN Pertamina

FMIPA UNSYIAH Raih Juara II Science Project OSN Pertamina

FMIPA UNSYIAH Raih Juara II Science Project OSN Pertamina

Mahasiswa FMIPA UNSYIAH kembali menoreh prestasi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN)- Pertamina yang diselenggarakan di Kampus UI Depok 25-29 November 2012 pekan kemarin. Khairul Rizki (MIPA/Kimia) yang berduet dengan Khairun Amala (MIPA/Matematika) meraih juara II tingkat Nasional untuk kategori Science Project.

Karya mereka yang berjudul “KOSAPA (Kompor Sabut Kelapa) Penghasil Asap Cair sebagai Alternatif Penggunaan Energi Terbarukan” berhasil menyisihkan puluhan karya para peserta lain dari seluruh Indonesia. Karya mahasiswa Aceh itu dinilai dewan juri sebagai karya orisinil dan memiliki kandungan lokal yang tinggi. Sedangkan juara pertama diraih Grandprix Thomryes (UI, Jakarta) yang memamparkan solusi terhadap permasalahan limbah plastik yang dapat merusak lingkungan. Adapun juara ketiga diraih Agung Heru Yatmo (Universitas Brawijaya Malang) dengan temuan alat pemurnian gas portable.

Khairul Rizki dan Khairun Amala berhasil memanfaatkan limbah sabut kelapa sebagai salah satu energi alternatif terbarukan. Dibawah bimbingan Dr. Suhrawardi Ilyas, mereka memperkenalkan kompor bernama Kosapa untuk memasak sehingga dapat menggantikan pemanfaatan gas elpiji, arang maupun minyak tanah yang semakin langka. Selain itu, Kosapa didesain tidak menimbulkan pencemaran udara karena tidak melepaskan karbon dioksida (CO2).

Alhasil, selain diganjar hadiah puluhan juta rupiah, mereka juga akan diterima bekerja di Pertamina setelah lulus nantinya. OSN Pertamina tahun 2012 memperlombakan dua kategori yaitu kategori Theory dan kategori Science Project dengan hadiah total sebesar Rp 2,8 miliar. Untuk kategori Theory, dua mahasiswa Unsyiah yakni Yulma Ermayanti berhasil menembus 4 besar nasional bidang Fisika (juara harapan I) dan Sigit Ananda (5 besar nasional bidang Kimia).

Patut dicatat, kategori Science Project ini baru pertama kalinya diperlombakan pada ajang OSN Pertamina. Hal itu dimaksudkan sebagai ajang untuk mencari peneliti muda dari kalangan mahasiswa yang diharapkan akan menghasilkan suatu temuan atau invensi berupa alat, metode, produk iptek maupun teknologi tepat agar dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat. (zul)


Sumber: Situs resmi FMIPA UNSYIAH