Beranda / Berita / Gambaran Umum Program Studi S1 Kimia

Gambaran Umum Program Studi S1 Kimia

Gambaran Umum Program Studi S1 Kimia

Program Studi (Prodi) Kimia merupakan salah satu Prodi tertua di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang berdiri sejak tahun 1989 dan telah berakreditasi A. Sebagian besar dari mahasiswa Prodi Kimia pernah memperoleh beasiswa selama kuliah, termasuk beasiswa khusus dari dosen dan alumni yang hanya ada di Prodi ini. Prodi ini merupakan cikal bakal lahirnya Prodi Farmasi dan Prodi Magister Kimia beberapa tahun kemudian.

Seluruh mata kuliah di Prodi ini diarahkan untuk memahamkan konsep kimia serta aplikasinya dalam berbagai bidang dalam kehidupan. Para dosen Prodi ini merupakan lulusan S3 dan S2 dari perguruan tinggi di berbagai negara, di antaranya Jepang, Inggris, Jerman, Belanda, Australia, Malaysia, dan Indonesia. Keunggulan prodi kimia FMIPA Unsyiah memiliki 5 staf pengajar bergelar Profesor dan fasilitas laboratorium yang relatif lengkap dan modern untuk menghasilkan lulusan yang memliliki pengetahuan, integritas dan komptensi memadai.


Para lulusan Prodi ini dipersiapkan untuk mampu bekerja di berbagai bidang. Pemahaman ilmu kimia yang dimiliki para lulusan memungkinkan mereka untuk berkiprah bahkan di bidang yang tidak terhubung langsung dengan kimia. Sumber daya alam yang sangat kaya dan beragam di Aceh dan Indonesia menempatkan kompetensi yang dimiliki para lulusan Prodi ini sebagai salah satu yang dibutuhkan saat ini dan juga di masa depan. Oleh karena itu, lulusan Prodi ini telah bekerja di berbagai bidang di Indonesia dan juga di luar negeri. Menurut data sementara, para alumni Prodi ini telah bekerja sebagai akademisi (dosen atau guru) di berbagai perguruan tinggi dan sekolah menengah, birokrat di pemerintahan (PNS), pegawai BUMN, Anggota TNI, pekerja industri, konsultan, politikus, serta pewirausaha.