Beranda / Berita / Unsyiah Raih Juara II Debat Bahasa Inggris MTQ Nasional

Unsyiah Raih Juara II Debat Bahasa Inggris MTQ Nasional

Unsyiah Raih Juara II Debat Bahasa Inggris MTQ Nasional

Tim Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) masuk dalam kelompok tiga besar pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Mahasiswa 2013 di Padang. MTQ yang berlangsung 22-29 Juni 2013 itu digelar di Universitas Andalas dan Universitas Nasional Pendidikan Padang.

Secara umum, UNSYIAH berada di peringkat tiga besar bersama UMI Makassar dan UNP Padang. Sedangkan peringkat satu dan dua diraih UN Malang dan Universitas Sumatera Utara (USU)

Dr.rer.nat. Ilham Maulana (Kepala Humas UNSYIAH)

Ilham menyebutkan, utusan UNSYIAH yang meraih juara I adalah Fauzan (Fakultas Kedokteran) untuk hifzil Quran 1 juz putra, lalu Yulian (Fakultas Hukum) juara tiga hifzil 2 juz putra, Arief (Fakultas Kedokteran) juara tiga hifzil 5 juz putra, dan Aisyah Humaira (FMIPA-Informatika) juara harapan tiga hifzil 5 juz putri.

Untuk lomba debat bahasa Inggris, UNSYIAH meraih juara II melalui pasangan Syahrial (Fakultas Teknik) dan Dirgayana (FMIPA-Kimia). Di lomba fahmil Quran, tim dari FK yaitu Suciana, Nurul, dan Putri mendapat rangking tiga.

Ketua Kafilah MTQ UNSYIAH, Drs. M. Nasir Ibrahim, mengatakan prestasi itu adalah yang pertama kali diraih kembali UNSYIAH setelah 25 tahun lalu mendapat juara umum I sewaktu MTQ dilaksanakan di UNSYIAH.

Prestasi ini dicapai berkat kerja keras semua pihak yang terlibat dalam pembinaan terutama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran UNSYIAH, yang digagas sejak tiga tahun lalu oleh Dr. Agussabti M.Si

Drs. M. Nasir Ibrahim (Ketua Kafilah MTQ UNSYIAH)

Sementara Rektor UNSYIAH, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengaku senang dengan prestasi kafilah UNSYIAH pada MTQ Nasional Mahasiswa di Padang kali ini.

Mahasiswa yang berhasil menjadi juara satu, dua, dan tiga pada MTQ ini akan kami bebaskan biaya pendidikan atau SPP selama dua semester ke depan.

Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng (Rektor UNSYIAH)

MTQ Nasional Mahasiswa 2013 diikuti 160 universitas dari seluruh Indonesia. Sementara UNSYIAH mengirim 23 peserta dan delapan pendamping. Peserta dari UNSYIAH mengikuti cabang tilawah, tartil, hifzil 1 juz, 2 juz, dan 5 juz, syarhil Quran, fahmil Quran, debat bahasa Inggris, debat bahasa Arab, serta Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Alquran. (jal)


Sumber: Serambi Indonesia