Beranda / Pengumuman / Forum Seminar Dua Mingguan (SDM) Semester Genap 2014

Forum Seminar Dua Mingguan (SDM) Semester Genap 2014

‚ÄčTim Focal Research Area (FRA) FMIPA Unsyiah kembali mengundang Bapak/Ibu/Sdr (i) untuk dapat menghadiri kegiatan Forum Seminar Dua Mingguan (SDM) edisi Semester Genap 2014 pada:


Hari/Tanggal   :   Jumat/21 Maret 2014
Tempat   :   Ruang Rapat Senat FMIPA
Waktu   :   08.30 sd. 09.30 WIB
Narasumber   :   Dr. Eng. Elin Yusibani, M.Eng
Judul   :   Energi Terbarukan Berbasis Hidrogen; Prospek dan Tantangannya


Abstrak

Kebutuhan akan energi menjadi sangat mendesak di era globalisasi saat ini, sebab itu perlu diadakan sebuah terobosan baru yang masuk akal dan memiliki energy density yang cukup besar untuk menjadi sebuah alternatif energi baru (massal). Hidrogen saat ini menjadi cukup popular, terutama dengan makin gencarnya kebijakan mobil nasional berkekuatan hidrogen (FCV:Fuel Cel Vehicle). Pada kesempatan ini akan dibahas secara singkat seputar hydrogen FCV dan secara teknis dukungan apa saja yang diperlukan agar kebijakan energi baru terbarukan ini dapat terlaksana, dengan studi kasus negara Jepang.


Profil

Dr. Elin Yusibani menyelesaikan S1 pada Jurusan Fisika ITB (2002) dan meraih gelar M.Eng dari Jurusan Teknik Nuklir, Tokyo Institute of Technology (TITech), Japan (2005). Adapun gelar Dr. Eng diperoleh dari Kyushu University, Japan (2010) dimana ia berhasil mengembangkan perangkat viskometer untuk mengukur laju gas hidrogen dalam tabung kapiler, yang dapat diaplikasikan pada tangki hidrogen untuk pembangkit listrik berbasis fuel cell. Selepas program S3, Dr. Elin bekerja pada Research Center of HYDROGENIUS, Advanced Industrial Science and Technology (AIST), Fukuoka, Japan (2010-2012). Beberapa hasil risetnya telah dipublikasikan secara internasional, baik melalui jurnal (terutama International Journal of Thermophysics dan Experimental Thermal and Fluid Science) maupun melalui berbagai pertemuan ilmiah. Saat ini, selain sebagai Koord. Bidang Minat (KBM) Fisika Energi, Dr Elin bersama timnya juga sedang terlibat aktif menyusun cod untuk memprediksi pelepasan gas hidrogen pasca meledaknya reaktor nuklir Fukushima akibat gempa dan tsunami di Tohoku 2011 silam.


Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Sumber: Situs resmi FMIPA UNSYIAH