Beranda / Profil / Sejarah

Sejarah

sejarah-kimia

Program Studi Kimia adalah suatu program studi yang berada dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Pendirian Program Studi Kimia dimulai dengan pembinaan calon-calon dosen FMIPA sejak tahun 80-an melalui program pencangkokan mahasiswa calon dosen di ITS, ITB dan UGM. Berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 9, 10, 11 dan 12 /Dikti/Kep/1989 tanggal 17 Februari 1989, maka dibukalah program studi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi di Universitas Syiah Kuala pada tahun 1989. Selanjutnya melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala No. 137, 141 dan 142 tahun 1989, keempat program studi FMIPA ini dikelola di bawah suatu koordinatorat dengan memanfaatkan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (LIPA) yang sudah dibina sejak tahun 1969.

Pada tahun pertama pendaftaran, Program Studi Kimia mempunyai 20 orang mahasiswa, 5 orang staf pengajar tetap dan beberapa staf pengajar dari fakultas yang sudah mapan di Universitas Syiah Kuala seperti Fakultas Teknik, Kedokteran Hewan, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta fakultas dan instansi lainnya. Seiring dengan bertambahnya fasilitas laboratorium dan tenaga pengajar, maka melalui Surat Keputusan menteri Pendidikan dan kebudayaan R.I. No. 383/O/1993 tanggal 22 Oktober 1993 didirikanlah Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala.

Perkembangan Program Studi Kimia saat ini telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Hal ini ditandai dengan berbagai bantuan peralatan, literatur, studi lanjutan bagi staf dan berbagai fasilitas lain. Bantuan tersebut berasal dari berbagai sumber, antara lain DIKTI, GTZ (Jerman), HEDS-USAID (USA), British Government (Inggris), dan OECF (Jepang) serta dana yang berasal dari hibah yang diraih secara kompetisi seperti Due-like (Program Studi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi) dan TPSDP (Program Studi Kimia, Matematika dan Fisika), PHKI.

Saat ini Program Studi Kimia FMIPA, telah memiliki 16 orang Doktor (S3), 5 orang kandidat Doktor, 7 orang Master (S2). Para staf pengajar ini telah menyelesaikan program tersebut di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, hingga Februari 2014/2015, Program Studi Kimia telah menghasilkan 575 lulusan, mahasiswa aktif 177 orang dengan 28 staf pengajar tetap Program Studi Kimia (22 orang staf pengajar aktif, 6 orang kandidat Doktor).